658x460_278

Penutupan Praktik Profesi Keguruan Terpadu PPKT di Yayasan Pendidikan Perguruan Darul Maarif Cipete

Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta mengadakan Penutupan Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) di Yayasan Pendidikan Perguruan Darul Maarif Cipete. Mahasiswa yang berjumlah 59 orang ini melaksanakan praktik tersebut selama tiga bulan dalam satu yayasan, yakni dibagi pada Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Terkumpulnya peserta PPKT dalam satu yayasan membuat penutupan PPKT dapat dilaksanakan serempak pada satu tempat.

Acara yang diselenggarakan oleh pihak kampus berupa Penutupan PPKT juga diselingi dengan Pentas Seni (Pensi) yang diselenggarakan oleh peserta PPKT. Rangkaian acara dimulai dengan acara formal, yakni Penutupan PPKT. Sambutan dari pihak yayasan Darul Maarif diwakili oleh Kepala Sekolah SMP, H. Rosyidul Anam, S. Pd. Sedangkan sambutan dari pihak IIQ Jakarta disampaikan oleh Dr. Hj. Umi Khusnul Khotimah, MA., Dekan Fakultas Tarbiyah.

Acara selanjutnya adalah penyerahan cindera mata kepada tiga sekolah tempat mahasiswa IIQ Jakarta melaksanakan praktik profesi keguruan. Tidak hanya penyerahan cinderamata kepada ketiga sekolah, IIQ Jakarta yang bekerja sama dengan Al-Qalam, produk Al-Qur`an digitalyang menggunakan digital penjuga meninggalkan cindera mata untuk Yayasan Darul Maarif berupa Al-Quran Digital Pen, Al-Qalam. Penyerahan cindera mata tersebut diwakili oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan dihadiri salah satu pihak Al-Qalam yang juga menjadi salah satu sekretaris Yayasan IIQ Jakarta, Amirul Yaqin. Selain cindera mata dari kampus, peserta PPKT juga memberikan kenang-kenangan kepada setiap sekolah dengan serah terima yang diwakili oleh ketua tiap kelompok dan diterima oleh seluruh kepala sekolah.

Usai Penutupan PPKT, acara dilanjutkan dengan Pensi yang menampilkan dua penampilan dari tiap sekolah, yakni penampilan dari SD, SMP, dan SMA.  Penampilan pertama diawali oleh SD dengan tarian saman. Dilanjutkan dengan syarhil SMA, marawis SMP, marawis SD, nasyid SMA, dan ditutup dengan mix dance SMP. Acara tersebut diselenggarakan di Aula Yayasan Darul Maarif Cipete.

Selain siswa-siswa Perguruan Darul Maarif, IIQ Jakarta juga menampilkan tim marawis IIQ yang dikelola oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Seni Budaya Mahasiswa (LSBM) yang menjadi pembuka dan penutup acara dengan penampilan yang mampu menarik riuh tepuk tangan audien. PPKT tahun kedua IIQ inisebelumnya KKLterlaksana dengan lancar setelah tahun lalu berjalan selama satu bulan dan pada tahun ini dapat terlaksana selama tiga bulan. (Khusna Farida)