20221009_190240

IIQ Jakarta Rayakan Maulid Nabi Muhammad saw 1444 H, Rektor; Teladani Sikap Rasul

Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta turut serta merayakan Maulid Nabi Muhammad saw 12 Rabiul Awal 1444 H bertepatan 09 Oktober 2022 di Masjid Raudhatul Qur’an Pesantren Takhassus IIQ Jakarta, Jln. Moh Thoha Nomor 31 Pamulang Timur, Tangerang Selatan, Banten.

Acara yang juga digelar melalui zoom meeting ini diawali dengan khataman Al-Qur’an 30 Juz sebanyak 12 kali oleh mahasiswa IIQ Jakarta dan dilanjutkan pembacaan do’a khatmul Qur’an oleh Warek III IIQ Jakarta Ibu Hj. Muthmainnah, MA.

Rektor IIQ Jakarta Ibu Dr. Hj. Nadjmatul Faizah, SH. M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa makna dari perayaan maulid ini tentunya bagaimana meneladani sikap dan kepribadian Rasulullah saw lalu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari serta menjalankan perintahnya. Salah satu yang dapat dijalankan adalah dengan membaca Al-Qur’an. Selain itu, bagaimana agar mahasiswa dapat meneladani Rasul yang juga merupakan seorang pedagang, sesuai dengan basis keilmuan salah satu fakultas yang ada di IIQ Jakarta yaitu Hukum Ekonomi Syariah.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengasuh Pesantren Takhasus IIQ Jakarta Bapak Dr. KH. Ahmad Fathoni, juga menyatakan bahwa apabila ingin mencari contoh, maka carilah contoh pada Rasulullah.

“Karena kampus ini adalah kampus Al-Qur’an, maka yang kita contoh adalah apa yang dibawa oleh Rasul yaitu Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an jika kita ingin mencontoh sebaik-baiknya adalah membaca Al-Qur’an tidak boleh asal membaca”. Ujar Kyai.

Lebih lanjut Kyai Fathoni menyampaikan bahwa membaca Al-Qur’an harus dengan tartil yang unggul. Menurutnya, hakikat menghafal Al-Qur’an adalah kita membaca Al-Qur’an tapi tidak melihat. “Satu ayat atau satu waqaf belum selesai jangan dulu pindah harus dilang-ulang” Ungkapnya.

Maulid Nabi Muhammad saw ini juga dirangkaikan dengan acara tasyakuran ulang tahun Ke-85 Ibunda Hj. Lela Djauhari binti Indra Tjaja, sosok yang banyak membantu IIQ Jakarta dalam perjuangan menegakkan agama Islam.

Sebanyak 675 peserta mengikuti kegiatan yang luar biasa ini. Diantaranya jajaran pimpinan IIQ Jakarta, mahasiswa dan tamu undangan.

20221009_190240

20221009_201542 (1)