Fakultas Tarbiyah IIQ Laksanakan Evaluasi PPKT dan Sosialisasi Persiapan PLP
Ciputat, Selasa tanggal 21 Mei 2019 Fakultas Tarbiyah melakukankegiatan yang bertajuk: œEvaluasiPraktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT), Sosialisasi dan Persiapan PengenalanLapangan Persekolahan I dan II (PLP I dan PLP II) yang bertempat di Aula IIQ Jakarta.
Kegiatanini dihadiri oleh Dekan, para Kaprodi (PAI dan PIAUD), para dosen pembimbingPPKT, serta dosen tetap Tarbiyah. Turut hadir dalam kegiatan ini piminan IIQ Warek1 bagian akademik yaitu Dr. Nadjematul Faizah, SH, M.Hum yang memberikansambutan terkait tema yang diusung oleh Fakultas Tarbiyah, dan menyampaikanjika nanti pada Fakultas Tarbiyah selain ada perubahan PPKT kepada PLP I danPLP II, mahasiswa akhir akan ada kegiatan KKL yang akan dilaksanakan pada bulanJuli 2019 nanti.
Kegiatanini dilaksanakan setelah usainyapelaksanaan program Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) selama 2 bulanpenuh Februari-April 2019. Evaluasi ini perlu dilakukan mengingat kegiatan inimerupakan program strategis Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta dan guna menjadibahan perbaikan kedepan. Adapun hal-halyanag perlu dievaluasi dari progran PPKT ini meliputi: aspek pelaksanaanTridarma oleh mahasiswa perserta PPKT 2019.
Selamakegiatan evaluasi, para dosen diberikan Description Form/ Form Deskripsiyang akan diisi oleh para dosen pembimbing. Aspek-aspek yang perlu diisioleh para dosen pembimbing meliputi: Tridarma Pendidikan Tinggi, kendala/permaslahan,saran dan aspek apa yang akan dievaluasi yang dilakasanakan di sekolah mitraPPKT. Aspek-aspek ini yang nantinya akan menjadi bahan perbaikan untuk program PengenalanLapangan Persekolahan (PLP).
Sesuaidengan tema yang diusung, selain kegiatan evaluasi PPKT, kegiatan lain yangdilaksanakan pada hari ini yaitu sosialisasi dan persiapan pelaksanaan programPengenalan Lapangan Persekolahan tahap I dan II (PLP I dan II). Program ini merupakan program pengganti dariPPKT. Agenda perubahan ini mengacu pada kurikulum KKNI dan PermenristekdiktiNomor 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru (SN Dikgu) meliputi ProgramSarjana Pendidikan dan Program Pendidikan Profesi Guru. kegiatan inimempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan format pelaksanaan PLP II.Termasuk mengkoreksi dokumen panduan PLP bagi mahasiswa, dosen dan sekolahmitra serta segala persiapan lainnya. Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta tahun inisiap melaksanakan PLP I dan PLP II.
Denganadanya perubahan kurikulum perguruan tinggi yang lama KBK berubah kepadakurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), maka hal ini jugaberimbas pada pola perubahan program praktik keguruan, dan adanya penjenjanganatau level dari 1-9. Dan SI pada level 6, di mana program praktik keguruan PLPI dan II pada level tersebut. Sementara, program praktik keprofesian beradadi level 7, termasuk program PPG untukkejurusan guru.
Dengandemikian Fakultas Tarbiyah ikut serta dalam merespon perubahan kurikulum KKNIberserta semua aspek yang terkait, termasuk perubahan PPKT menjadi program PLPI dan II. Fakultas Tarbiyah juga telah membuat formulasi dan Buku Pedoman PLP Idan II dengan mengintegrasikan antara buku pedoman PLP I dan II yangditerbitkan oleh Menristekdikti 2017 dan menyesuaikan lingkup FakultasTarbiyah/IIQ Jakarta sebagai acuan dasar buku yang dibuat oleh FakultasTarbiyah.
Padakesempatan ini Dekan Fakultas Tarbiyah menyampaikan semua prosedur terkaitpelaksanaan kegaiatan PLP I dan II. Dalam penyampaianya œPelaksanaan PLP I nantiakan dilaksanakan pada semester 5, dan untuk pelaksanaan PLP II akan dilakukandi semester 6, di mana nanti pada pelaksanaan PLP II terdapat mata kuliah yangmenjadi pra-syarat seperti: mata kuliah dasar kependidikan (MKDK), mata kuliah pengajaran dan mata kuliah microteaching. Beberapa mata kuliah ini menjadi pra-syarat untuk melakukan PLPII. Sementara, untuk pra-syarat di PLP I mahasiswa sudah harus mengumpulkanminimal 40 SKS, pungkas Dekan Fakultas Tarbiyah.
Banyakhal yang harus disesuaikan dan dirumuskan oleh Fakultas Tarbiyah terkait polaperubahan kurikulum dan program PLP I dan PLP II. Namun, hal ini tidaklahmenjadi kendala, dan Fakultas Tarbiyah selalu berbenah dan membuatformulasi-formulasi untuk dapat menyesuaikan, sekaligus merespon perubahan kurikulumdan perubahan era ke Industri 4.0. Semoga dengan adanya pola perubahan kurikulumKKNI dan pola perubahan praktik keguruan ini akan memberikan solusi terhadap permaslahan dan memberikan arah barusekaligus menjadi angin segar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. (Rs)