aaaa

Bimbingan Skripsi Fakultas Tarbiyah 2022, dinilai memuaskan bagi Mahasiswa

Sudah umum diketahui masyarakat umum khususnya mahasiswa bahwa untuk mendapatkan gelar kesarjanaan mereka diwajibkan menyelesaikan sebuah karya ilmiah sesuai dengan bidang studi keilmuan Program Sarjana (S1) mereka. Skripsi tersebut dapat ditulis mahasiswa berdasarkan hasil penelitian lapangan, hasil pengembangan atau hasil kajian pustaka.

Untuk mencapai skripsi yang berkualitas, mahasiswa didampingi seorang dosen yang pakar keilmuannya sesuai dengan fokus kajian riset skripsi tersebut. Sehingga citra mutu kualitas skripsi sedikit banyak diwarnai oleh dosen pembimbingya. Untuk memastikan citra mutu yang baik, maka perlu diadakan sebuah survei yang mengukur tingkat kepuasan mahasiswa pada aspek layanan bimbingan skripsi yang mereka dapati dari dosen pembimbing sesuai dengan standar kebijakan pelayanan yang ditetapkan oleh Prodi dan Fakultas.

Dalam konteks, penjaminan mutu layanan bimbingan skripsi Fakultar Tarbiyah telah melaksanakan Survei Kepuasan Bimbingan Skripsi Tahun 2022. Survei ini dilakukan dengan metode Purposive sampling, yakni survei ini hanya diberikan kepada mahasiswa semester akhir yang telah menuntaskan skripsinya, melaksanakan sidang skripsi tahun ajaran 2022 dan telah melakukan revisi akhir. Hal ini ditujukan agar semua proses bimbingan secara menyeluruh dapat dievaluasi langsung oleh mahasiswa. Sebanyak 122 orang mahasiswa berpartispasi aktif dalam survey ini dan dinyatakan secara sukarelawan adalah sampel dalam survei ini.

Menggunakan pengukuran Survei Kepuasan Layanan mengacu kepada Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 Tahun 2004, hasil analisis IKM yang didapati adalah sebesar 93.79 (A) dengan kategori Sangat Baik. Sehingga dapat dipahami bahwa Mahasiswa sudah sangat Puas dengan layanan bimbingan skripsi yang mereka dapati dari para dosen pembimbing. Secara lebih rinci hasil survei tersebut dapat dilihat dalam laporan singkat poster survei yang dirilis oleh Fakultas Tarbiyah Tahun 2022.

aaaa